cara-scanner-di-laptop
cara-scanner-di-laptop

Cara Scanner Di Laptop, Mudah Dan Cocok Untuk Pemula

Posted on

Pada era globalisasi saat ini, dunia teknologi berkembang dengan pesat tanpa bisa dihalang-halangi. Salah satu buktinya adalah banyak aplikasi yang ramah dan bermanfaat bagi para masyarakat seperti scanner. Bagi yang belum mengetahui cara scanner di laptop, simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini. 

Menggunakan scanner tidaklah sulit, namun pengguna tetap harus paham bagaimana aturan saat memakainya. Sehubungan dengan hal tersebut, artikel ini akan mengulas jelas tentang pengertian scanner apa saja manfaatnya serta aplikasi pendukung scanner yang mudah digunakan bagi para pemula.

Selain dibutuhkan di dunia kerja, scanner juga dibutuhkan ketika melamar suatu pekerjaan. Biasanya setiap pelamar perlu memenuhi persyaratan berupa file lamaran dalam bentuk soft file yang di-scan. 

cara scanner di laptop

Pengertian Scanner

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menggunakan scanner di laptop, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan scanner. Scanner merupakan sebuah perangkat elektronik untuk menangkap gambar dari benda yang memiliki fisik nyata lalu mengubahnya dalam format digital. 

Cara scanner di laptop akan menghasilkan file yang bisa disimpan dan dilihat pada PC atau laptop itu sendiri. Bukan hanya itu, hasil scan juga dapat dimodifikasi menggunakan aplikasi perangkat lunak. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan, baik dalam bentuk pdf, doc ataupun jpg.

Scanner pertama kali dikembangkan pada tahun 1975. Awal mulanya yaitu ketika tim peneliti yang dipimpin oleh Ray Kurzweil membuat software Omni-Font OCR Technology serta alat Kurzweil Reading Machine yang kemudian terus dikembangkan kembali. 

Kombinasi kedua alat ini bermanfaat untuk mengenali teks dari dokumen fisik kemudian menerjemahkannya menjadi sebuah data. Sejak itulah orang-orang mulai mengenal scanner, akhirnya alat ini pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Manfaat Scanner

Dalam lingkup kerja di perusahaan, keberadaan dokumen digital sangat penting. Oleh karena itu beberapa perusahaan memanfaatkan teknologi canggih untuk mengelola penyimpanan filenya. 

Pengelolaan dokumen bisa dimulai dengan menggunakan aplikasi scanner, cara menginstall aplikasi scanner di laptop sangatlah mudah. Dokumen yang sudah dipindai kemudian disimpan pada sebuah server. Nantinya para karyawan dapat mengakses semua dokumen kapan saja saat memerlukannya. 

Akses untuk mendapatkan dokumen pun hanya melalui komputer atau laptop masing-masing tanpa harus mendatangi ruang arsip dan mencarinya secara manual. Sehingga ruang yang awalnya digunakan untuk menyimpan arsip dapat beralih fungsi untuk keperluan lain. 

Di samping itu, perusahaan tidak perlu lagi menyiapkan budget untuk perawatan ruang arsip. Ini berarti bahwa cara scanner di laptop untuk dokumen akan meningkatkan efisiensi kerja sekaligus menghemat biaya pengeluaran perusahaan. Secara jelasnya, inilah manfaat menggunakan scanner yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

  • Menyalin file atau berkas yang berfungsi sebagai back up bila suatu saat file tersebut hilang.
  • Sebagai alat untuk dokumentasi berkas penting.
  • Sarana pengelolaan file. Mengelola file secara fisik membutuhkan ekstra tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu dengan menggunakan scanner, file akan lebih teratur dan mudah saat mencarinya.
  • Keamanan file lebih terjamin. File yang sudah dipindai dan tersimpan di perangkat tidak akan bisa diubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Itulah kenapa file ini lebih aman daripada yang masih berbentuk hard copy.

Cara Install Scanner di Laptop

Berikut ini merupakan panduan cara scanner di laptop. Ikuti langkah-langkahnya kemudian praktekkan hingga kamu bisa lancar menggunakan scanner.

  • Hidupkan laptop dan scanner.
  • Sambungkan kabel usb scanner pada laptop. Biasanya setelah kabel tersambung akan muncul pesan pada laptop yaitu welcome to the found new hardware wizard. Pilih Yes, this time only kemudian Next.
  • Pilih install the software automatically (recommended).
  • Masukkan cd driver scanner kemudian pilih next. Pada layar akan ada muncul tulisan please select the best match for your hardware from the list below yang harus dipindai dengan baik.
  • Instalasi akan berjalan otomatis. Saat proses berjalan akan ada permintaan untuk mengisi username dan organisasi. Saat ada permintaan licencing Agreement pilih Yes, I Agree atau I Accept.
  • Tulisan completing the found new hardware wizard akan muncul setelah selesai instalasi.
  • Pilih finish untuk menyelesaikan proses install.

Cara di atas merupakan cara mengaktifkan scanner di laptop dengan menggunakan software bawaan dari scanner. Bagaimana jika ingin menggunakan perangkat lain untuk melakukan scan dokumen?

Hal ini bisa saja dilakukan misalnya dengan menggunakan printer. Saat ini rata-rata printer sudah dilengkapi dengan fasilitas scanner yang terletak pada bagian atas. Berikut adalah cara menggunakan scanner di laptop melalui printer.

  • Hidupkan printer dengan cara menghubungkan kabel printer pada laptop.
  • letakkan dokumen yang akan dipindai pada printer scanner dengan posisi tulisan menghadap ke bawah.
  • Buka aplikasi scanner bawaan printer. 
  • Tunggu proses pemindaian selesai.
  • Bila proses scan berhasil, dokumen yang telah dipindai biasanya tersimpan pada Pictures. Silakan cek folder pictures.

Selain dua cara scanner di laptop seperti di atas, menggunakan scanner dapat juga melalui aplikasi, contohnya aplikasi PaperScan. PaperScan adalah software yang dapat melakukan pemindaian pada dokumen dengan lengkap menggunakan mesin OCR. 

Software ini juga memiliki berbagai macam fitur yang bagus guna membantu proses scanning dokumen yang akan dilakukan. Ketika memindai dokumen tak jarang sulit untuk mendapatkan posisi yang pas. Namun apabila cara scanner di laptop menggunakan aplikasi PaperScan, maka hal seperti tidak akan terjadi lagi. 

Aplikasi PaperScan memiliki fasilitas rotate sehingga dapat digunakan untuk meluruskan tata letak. Proses editing juga bisa maksimal karena bisa membuang halaman kosong, menghilangkan tanda yang tidak perlu, dan menyeimbangkan efek warna. 

Selain dapat melakukan scan dokumen, PaperScan dapat melakukan rotasi dokumen hasil scan, kompres file, serta menyimpan gambar dalam berbagai macam format sesuai dengan kebutuhan. Berikut langkah-langkah atau cara install  scanner di laptop menggunakan software PaperScan.

  • Download file PaperScan. Biasanya ada beberapa website yang dapat ditemukan pada mesin pencari menyediakan link file full crack secara gratis.
  • Ekstrak file PaperScan beserta patch file yang ada pada folder.
  • Install aplikasi PaperScan.
  • Setelah proses instalasi selesai, disarankan untuk tidak langsung masuk ke programnya.
  • Terlebih dahulu buka folder patch, lalu copy patch file yang ada di dalam folder tersebut kemudian paste ke folder instalasi program PaperScan yang ada pada laptop.
  • Jalankan patch file dengan cara melakukan klik kanan => run as administrator.
  • Kemudian pilih Patch.
  • Seluruh proses instalasi telah selesai.

Aplikasi PaperScan kompatibel untuk berbagai jenis scanner karena memiliki sifat universal sehingga dapat mengontrol semuanya melalui program yang sama. Software ini dapat mendeteksi secara otomatis semua scanner yang sedang terhubung termasuk yang menggunakan WIA atau TWAIN.

Berbagai kemudahan teknologi ini sudah seharusnya menjadikan setiap orang bisa lebih produktif dalam aktivitas kerjanya. Dengan kata lain, melalui perangkat scanner dan cara scanner di laptop bisa membantu mempermudah setiap pekerjaan yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Hal penting saat penggunaan scanner adalah harus sesuai dengan panduan yang ada pada tutorial perangkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.