cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-di-laptop
cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-di-laptop

Tak Banyak Yang Tahu! Inilah 5 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Windows 7

Posted on

Hampir semua orang pernah secara tidak sengaja menghapus file atau folder pada sebuah laptop hingga membuatnya panik. Padahal, ada cara mengembalikan file yang terhapus di laptop, jadi Anda tidak perlu panik berlebihan. 

File penting yang terhapus seperti foto produk, foto pribadi yang bagus, ide sebuah konten hingga back up data-data penting bisa dikembalikan dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, artikel ini sebagai referensinya untuk dicoba. 

Baca Juga : Ngebut Lagi! Inilah 7 Cara Mengatasi Komputer Lemot Yang Bisa Anda Coba

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Bagi orang yang belum tahu cara restore file yang terhapus di laptop mungkin saja langsung panik. Bahkan tak sedikit kebingungan hingga bertanya ke teman-temannya, mau tahu cara mengembalikan file-nya?

1. Melalui Recycle Bin

Ini mungkin cara pertama dan yang paling mudah ketika file penting yang Anda miliki terhapus secara tidak sengaja dari laptop. Anda tidak perlu panik karena masih ada di Recycle Bin. 

Setiap laptop atau komputer pasti memiliki Recycle Bin yang bisa Anda temukan dengan mudah. Bahkan untuk mengembalikan file melalui Recycle Bin hanya membutuhkan waktu beberapa menit. 

Recycle Bin dikenal sebagai tong sampah sementara, dimana mampu menampung file yang telah dihapus sebelumnya. Ini artinya ketika Anda menekan “delete”, file tidak akan terhapus secara permanen, melainkan masuk ke folder Recycle Bin

File tersebut akan berada di folder Recycle Bin selama 30 hari sebelum akhirnya file dihapus secara permanen oleh komputer atau laptop. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop melalui Recycle Bin, yaitu

  • Klik tombol start, temukan menu settings.
  • Klik personalization – Themes.
  • Pada halaman selanjutnya, cari menu desktop icon setting yang berada di sebelah kanan layar. 
  • Centang Recycle Bin, setelah berhasil dicentang biasanya ikon Recycle Bin langsung muncul pada desktop.
  • Untuk mengembalikan file yang terhapus tadi bisa klik kanan pada file, pilih restore.

Tertarik untuk mencoba cara mengembalikan file yang terhapus di laptop windows 7 melalui Recycle Bin

2. Menggunakan Perintah CMD

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop selanjutnya adalah menggunakan CMD atau Command Prompt. Cara yang kedua ini bisa dilakukan jika file yang diinginkan sudah tidak ada lagi pada menu Recycle Bin

Command prompt biasanya tidak ditampilkan pada desktop atau menu start. Anda bisa memulai menggunakan CMD dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Klik tombol search, kemudian ketik CMD pada search bar tersebut. 
  • Lanjutkan dengan cara klik kanan pada command prompt, pilih Run As Administrator.
  • Jika sudah berhasil masuk ke dalam command prompt, ketik chkdsk X: /f. Ganti X dengan nama drive tempat file yang disimpan sebelum akhirnya terhapus.
  • Kemudian ketik juga ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.* Sama seperti langkah di atas, huruf X silahkan ganti sesuai nama drive Anda. 

Kini proses recovery file yang terhapus sedang berjalan setelah memasukkan perintah melalui CMD tersebut. 

3. Menggunakan File History

Yang ketiga, cara kembalikan file yang terhapus di laptop Windows 10 adalah menggunakan fitur file history. Fitur yang ketiga ini sebenarnya hanya ada pada OS Windows 10, berbeda dengan fitur backup and restore pada Windows 8 dan 7. 

Agar cara ini bisa berhasil, lakukan back up terlebih dahulu untuk mencegah file lain ikutan menghilang. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan file history, di antaranya:

  • Buka menu settings – update & security, klik back up – add a drive
  • Setelah Anda klik tombol add a drive, nantinya akan muncul daftar partisi hard drive atau penyimpanan eksternal yang bisa digunakan untuk back up.
  • Klik hard drive eksternal tersebut, ini bisa dipilih ketika laptop Anda tidak bisa back up dalam partisi yang sama.
  • Jika ingin melakukannya secara berkala, klik tombol pada bagian bawah teks “Automatically backup my files”.
  • Buka menu search dan ketikkan file history untuk mengembalikan file back up yang telah Anda buat.

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop melalui fitur file history juga sebenarnya mudah-mudah saja. Anda tinggal klik tombol restore warna hijau di bagian bawah Window, semua file yang Anda inginkan akan kembali dengan selamat.

4. Menggunakan Aplikasi Recuva

Pernahkah Anda mendengar istilah aplikasi Recuva ini? Recuva merupakan salah satu software file recovery yang direkomendasikan untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Tool yang ditawarkannya memang berbayar, namun Anda tetap bisa mengunduh versi gratisnya. 

Tertarik untuk mencoba software Recuva? Berikut ini cara mengembalikan file yang terhapus di laptop menggunakan software Recuva dengan mudah.

  • Unduh dan install Recuva pada laptop Anda.
  • Buka Recuva wizard pada laptop Anda, pilih jenis file yang akan Anda kembalikan. Kemudian, klik tombol Next
  • Kemudian pilih lokasi folder yang akan digunakan untuk menyimpan file tersebut yang hilang sebelumnya. 
  • Jika sudah yakin akan lokasinya, pilih Next. Sedangkan jika tidak yakin, bisa pilih I’m Not Sure, dikhawatirkan Anda lupa lokasi penyimpanan file-nya. 
  • Mulai proses pencarian dengan mencentang kotak Enable Deep Scan, klik Start. 
  • Proses pencariannya dikategorikan menjadi beberapa bagian, yaitu mencari file yang sudah terhapus, mengamati faktor kerusakan file serta menganalisa isi file itu sendiri.
  • Pilih file mana saja yang ingin dikembalikan, caranya dengan mencentang kotak pada file yang ingin dikembalikan.
  • Terakhir, klik kanan dan pilih recover highlighted, klik juga tombol recovery.

Semua file yang diinginkan bisa kembali dengan menggunakan software Recuva. Masih penasaran dengan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 8 menggunakan software lain?

5. Menggunakan MiniTool Power Data Recovery

Tak perlu khawatir, tool yang satu ini juga gratis sehingga bisa Anda gunakan dengan mudah dalam mengembalikan file yang terhapus. Namanya MiniTool Power Data Recovery dengan ukuran file yang bisa di-recover maksimal 1GB. 

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan menggunakan Software Mini Tool tidak ditemukan pada software Recuva. Di antaranya hasil pemindaian Mini Tool disajikan dengan tampilan yang lebih terorganisir. Kemudian, folder yang telah terhapus ditampilkan kembali dengan jelas. Sederhananya, Minitool bisa mengembalikan file dalam bentuk satu atau beberapa folder. 

Kelebihan lainnya adalah bisa menampilkan file dengan jenis tertentu, di antaranya dengan klik menu Filter pada bagian atas Window. Kemudian klik tombol All Files agar Anda bisa menentukan jenis file yang dicari.

Jika sudah menemukan file atau folder yang ingin dikembalikan, centang checkbox-nya kemudian klik save pada bagian pojok kanan bawah. 

Cara sederhana agar Anda bisa memiliki file penting yang terhapus adalah dengan melakukan backup terlebih dahulu. Setiap file harus dipastikan bisa memiliki backup, dengan begitu bisa tetap memiliki cadangan file meskipun sudah terhapus pada laptop. Itulah 5 cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yang bisa Anda coba tanpa perlu khawatir kehilangan file. Kini tak perlu khawatir lagi ketika file penting yang sudah Anda buat atau Anda miliki terhapus secara tidak sengaja.

Penulis : Fauzi Rahman
Editor : Linta Fahma

Leave a Reply

Your email address will not be published.